Kamis, 16 Agustus 2012

Siapa Sebenarnya Juru Selamat Dunia?


Oleh Yohannes Baptista Sariyanto Siswosoebroto
Penerbit PERSATUAN Jln. KHA Dahlan 103, Yogyakarta, 1977

ISLAM YANG KUAT DAN PEMELUKNYA YANG LEMAH

   1. Telah berabad-abad lamanya umat  Islam  menduduki  posisi yang  lemah. Hal ini terutama karena penjajahan bangsa barat   dan disebabkan oleh kebekuannya dalam cara berfikir.  Bangsa    penjajah   berhasil   mengadu   domba   sesama   bangsa  dan    negara-negara Islam sehingga amat sukar mempersatukan mereka    dalam  satu  kerja  sama dan satu tujuan. Barulah pada akhir  abad ke 19 lahir kebangkitan umat  Islam  untuk  memperbaiki   posisinya  kembali.  Kebangkitan ini bermula pada penggalian    ajaran-ajaran Islam yang murni  yang  sekian  lama  tertutup    oleh   bid'ah   khurafat  dan  tahayyul,  oleh  pengkramatan    terhadap sesama manusia. Kemudian  diikuti  oleh  terbukanya    semangat  dan  kesadaran dakwah Islam serta amar makruf nahi    munkar, lalu menjelmalah semangat mencapai kemerdekaan bebas    dari  penjajah  bangsa asing dan penjajahan feodalisme. Maka    terbukalah pula hikmah untuk meningkatkan  ilmu  pengetahuan    serta hasrat untuk sejajar dengan lain-lain bangsa.

   2.  Kemerdekaan  berfikir yang dianjurkan Islam mulai nampak    bentuknya, antara lain dengan  penangkapan  yang  logis  dan   ilmiyah tentang ajaran-ajaran aqidah serta hikmah ibadah dan    seluruh aspek kemasyarakatan dari semua  ajaran  Islam  itu.    Maka  terbukalah  pintu-pintu diskusi dan pertukaran pikiran    mengenai   ajaran-ajaran   agama   Islam   sehingga    dapat    diselaraskan tengan kemajuan jaman dan kemajuan perkembangan    pikiran manusia. Segala syariat agama dapat dipahami  dengan    jelas,  juga  mengenai  kepercayaan dan i'tiqad. Berdasarkan    kesemuanya itu berkembang majulah  usaha-usaha  tabligh  dan    dakwah  dengan  cara  dan uraian yang praktis, sesuai dengan    kemajuan zaman lagi mudah diterima oleh akal,  tidak  berisi    dengan  dogma  atau kepercayaan yang dipaksakan. Dari ajaran    Islam yang telah  diungkapkan  ternyata  memancar  kesadaran    dakwah  dan  tabligh itu sebagai suatu kewajiban yang mutlak    bagi  setiap   orang   Mukmin   sesuai   menurut   kemampuan    masing-masing,  demikian pula anjuran untuk berdakwah dengan    kerja sama  dan  aturan  yang  rapih.  Ini  telah  mendorong    bangkitnya para muballighin dalam segala tingkatan, pria dan    wanita, tanpa  kecuali.  Mereka  untuk  mendapat  pelajaran,    tetapi  mereka  sengaja mendatangi sasaran dan tujuan dakwah    yang diperlukan. Dan inilah  yang  memang  dituntunkan  oleh    Rasulullah.

   3.  Hal-hal  khusus  yang perlu dikemukakan tentang kekuatan    dakwah yang terkandung dalam ajaran Islam ialah antara lain:

   a. Jika dalam agama Masehi hanya orang-orang  tertentu  yang
   diperkenankan  menyebarluaskan agama, maka dalam agama Islam
   setiap orang berkewajiban menyiarkan agamanya  walaupun  dia
   baru  mengetahui satu ayat Al-Quran saja. Ini ternyata jelas
   dalam sabda Nabi: "Sampaikanlah dari padaku  walaupun  hanya
   satu ayat."

   b. Berpuluh-puluh ayat dari firman Allah dalam Al-Quran yang
   memerintahkan berdakwah amar ma'ruf nahi munkar, antara lain
   Surat  Ali  Imran  ayat 104 yang memerintahkan kaum Muslimin
   untuk bertindak  dengan  membentuk  umat  terorganisir  guna
   melaksanakan kewajiban tersebut.

   c.   Jika   dalam   agama  Masehi  kehidupan  keagamaan  dan
   kesosialan pemeluknya diatur seluruhnya  oleh  gereja,  maka
   dalam   agama  Islam  hal  semacam  itu  tidak  ada.  Masjid
   merupakan tempat beribadah dan dapat  juga  digunakan  untuk
   memusyawarahkan   kepentingan  agama  dan  ummatnya,  tetapi
   masjid dan imamnya tidak menguasai kehidupan keagamaan serta
   kesosialan  umat.  Umat  Islam  bebas  untuk  bergerak dalam
   lapangan keagamaan dan kesosialan diluar pengaruh masjid dan
   imamnya.  Dengan  demikian  agama  Islam  dapat  lebih  jauh
   meresap dalam masyarakat.

   d. Jika dalam agama Masehi yang dapat menjadi pemimpin  atau
   imam  serta  khatib hanyalah pastor atau pendeta, maka dalam
   agama Islam setiap orang dapat bertindak sebagai  imam  atau
   khatib  asalkan mampu. Bahkan wanita diperkenankan bertindak
   sebagai imam dalam shalat jamaah khusus wanita.

   e.  Jika  dalam  agama  Masehi   terutama   agama   Katolik,
   mempersoalkan  masalah  kepercayaan adalah setengah tertutup
   atau tertutup, maka dalam agama Islam selalu  terbuka  pintu
   seluas-luasnya  untuk  bertukar  pikiran  atau mendiskusikan
   segala  ajaran  agama  termasuk  soal-soal  kepercayaan  dan
   hukum-hukum  agama.  Dengan demikian ilmu-ilmu agama menjadi
   meningkat dan berkembang. Ini lebih menarik perhatian  orang
   kepada Islam.

   f.  Ajaran Tauhid Islam yang jelas dan tegas tentang keesaan
   Allah dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta ajaran ibadah
   yang  praktis dan rasionil, demikian pula hukum keluarga dan
   kemasyarakatan yang lengkap.

   4. Apa yang diuraikan  diatas  adalah  kekuatan  yang  mampu    mendorong   perkembangan   tersiarnya  agama  Isiam  melalui    kegiatan para muballigh  dan  guru-guru  dan  bahkan  setiap    orang  mukmin.  Jadi  apabila  kekuatan itu digunakan dengan    sepertiganya dan kewajiban berdakwah  itu  dapat  diresapkan    kepada  seluruh  umat Islam, sesungguhnya usaha dakwah Islam    akan  mampu  menutupi  kekurangan  atau  kelemahan   tentang    pembeayaan,  tenaga  ahli  dan sebagainya. Organisasi dakwah    sebagai yang ada  sekarang  ini  kalauperlu  dapat  ditambah    menurut    bidangnya    masing-masing.   Koordinasi   antara    organisasi-organisasi  itu   diatur   dengan   lebih   rapi,    pendidikan  kader  muballigb ditingkatkan mutunya, kesediaan    dan tekad berdakwah lebih  disemangatkan,  pengumpulan  dana    dakwah   diaktifir  serta  dikampanyekan.  Kelompok-kelompok    diskusi dalam kalangan generasi muda dan  cendekiawan  lebih    sering   diadakan   yang   acaranya   penganalisaan  tentang    perbandingan agama. Juga  dialog  antar  agama  tidak  boleh    diabaikan.

   5.   Adapun   yang  terpenting  langkah  dakwah  sebagaimana    tersebut di atas adalah ditujukan untuk memberikan kesadaran    dan  pengetahuan tentang agama Islam kepada pemeluknya, agar    supaya mereka tidak akan sampai dapat  dialihkan  agamanya.    Di  samping  itu menyebarluaskan kebenaran i'tikad Islam dan    kemanfaatan ajaran Islam  bagi  kebangunan  dan  pembangunan    masyarakat.  Kemudian  membuktikan kebaikan ajaran Islam itu    dengan langkah dan usaha perbaikan sosial yang nyata. Dengan    perbentengan  semacam  itu  dapatlah semaksimal mungkin umat    Islam  diselamatkan  dari  langkah  kristenisasi  atau  dari    hal-hal   lain  yang  akan  mengalihkan  agama  mereka  atau    mengaburkan keislaman mereka.

Siapa Sebenarnya Juruselamat Dunia?
Oleh Yohannes Baptista Sariyanto Siswosoebroto
Penerbit PERSATUAN Jln. KHA Dahlan 103, Yogyakarta, 1977

Sumber: http://media.isnet.org/antar/JuruSelamat/UmatLemah.html

0 komentar:

Posting Komentar

Mari saling bersaksi

 

Bai`at Syahadat Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates